Pin It

Presepsi Tentang Hacker


Banyak orang yang bilang sesuatu akun yang di curi di internet adalah seorang hacker, misal nya “fb aku di hack loo” . memang banyak orang indonesia yang bilang istilah hacker itu orang yang jahat, suka mencuri, merusak, membobol dll.
Orang indonesia terlalu “latah”, sehingga istilah hacker itu tidak baik. Padahal hacker itu mempunyai pengertian dan ada lagi bagian-bagian yang lainnya. Sekedar info, saya akan menyampaikan “apa sih hacker itu?” bagi yang sudah tahu lebih baik ilmunya dibagi-bagi biar orang indonesia tidak terlalu “latah”.

Dalam dunia cyber, ada yang istilahnya hacker, cracker, dan phreaker dari semua istilah itu mempunyai pengertian masing-masing. Hacker seorang yang merusak situs, walaupun umumnya tidak begitu. Mereka kebanyakan mencari informasi/data penting tingkat tinggi bukan untuk mencuri, merusak atau hanya untuk kesenangan akan tetapi cenderung untuk menguji/mengetes sebuah sistem yang dihadapi. Jadi seorang hacker menggunakan pengetahuan komputernya untuk sesuatu yang legal. Perusahan-perusahan seluruh dunia biasanya menggunakan jasa mereka untuk mengetes sistem, sejauh mana keamanan dari sistem tersebut dan menemukan titik-titik kelemahannya.
Selanjutnya istilah cracker, cracker dikategorikan sebagai orang yang memahami jenis pemrograman tingkat tinggi dan sedikit pengetahuan jaringan. Umumnya cracker membuat kemampuan untuk membuat sebuah program untuk mengdisfungsikan/memanipulasi jalur yang seharusnya, para cracker keseringan menggunakan keahliannya untuk mendapat keuntungan pribadi dan kelompok dan cracker bisa juga disebut sebagai “pencuri, perusak, maupun pembobol”.
Phreaker, istilah ini lumayan jarang di dengar banyak orang, namun phreaker hampir sama dengan cracker bedanya lebih fokus dalam masalah jaringan atau telekomunikasi dan juga seorang yang menggunakan keahliannya hanya untuk membuktikan kepada diri mereka sendiri bahwa mereka dapat menyelesaikan suatu masalah yang mereka anggap menarik, tetapi tidak pernah melakukannya untuk menghasilkan keuntungan pribadi atau kelompok tertuntu.
Nah, sudah tau kan sob “apa itu hacker?” jadi jangan salah persepsi lagi yaaa, sekian dulu ya semoga info yang saya berikan dapat bermanfaat untuk kita semua. maju terus bidang IT indonesia.

WISDOM

“Jikalau anda harus bekerja, maka bekerjalah untuk belajar. Jangan bekerja untuk uang.”

- Robert Toru Kiyosaki