Pin It

Eskrim Ditemukan Sebelum Ada Kulkas

Es krim…hmmm makanan yang bikin mulut dingin dan tenggorokan segar. Apalagi disantap saat terik dan udara panas menyengat. Saat ini, es krim sudah dikemas dalam berbagai ukuran. Rasanya pun sudah dibuat sedemikian banyak. Beberapa pedagang malah menjajakan es krim aneh, seperti es krim bakar, es krim goreng, es krim rujak, dan sebagainya.

Panjang sudah evolusi perjalanan makanan yang satu ini. Situs makeicecream.com mengungkapkan bahwa es krim mulai dibuat manusia pada masa kekuasaan Kaisar Nero di Romawi, tahun 54-68 masehi. Saat itu belum ada kulkas, lemari es, atau alat yang sejenis. Lemari es baru ditemukan tahun 1876. Pemegang paten pertama lemari es bernama Carl von Linde. Paten itu dia dapatkan dari Kantor Paten Kekaisaran Jerman.

Lalu, bagaimana cara manusia di zaman Nero membuat es krim? Mudah sekali. Mereka cukup mengambil salju dari pegunungan yang bersih kemudian dicampur dengan buah-buahan yang dihaluskan menjadi bubur, madu bunga, madu lebah, dan beberapa makanan lain sesuka mereka. Maka jadilah es krim.

Pendapat lain menyebutkan bahwa es krim yang sesungguhnya baru dibuat pada expedisi Marcopolo di abad ke-13. Di zaman ini, es krim dibuat dari air yang membeku saat musim dingin yang juga dicampur bubur buah, juga campuran lain yang disukai. Saat itu, lemari es atau kulkas juga belum ditemukan.

Pembuatan es krim pun terus berkembang seiring perjalanan sejarah. Secara resmi, es krim dihidangkan oleh Gubernur Bladen yang memimpin negara bagian Maryland pada tahun 1700. Kemudian tahun 1776, kios es krim pertama di dunia dibuka di New York City tahun 1776.

Seorang pembuat es krim, Dolly Madison kemudian membuat sensasi dengan menghidangkan es kream sebagai hidangan penutup di Gedung Putih. Pabrik es krim yang dikelola secara komersial pertama kali berdiri tahun 1851 di Baltimor. Pemiliknya bernama Jacob Fussell.

Setelah itu, es krim dijual keliling menggunakan roda dorong. Manusia pertama di dunia yang jualan es krim dengan roda dorong ini bernama Italo Marchiony. Dia jual es krim keliling Wall Street dengan wadah corong yang bisa dimakan. Es krim dengan wadah ini dia patenkan pada tahun 1903.

Tahun 1983, Oreo membuat Cookies ‘N Cream dan langsung menjadi es krim terlaris kelima di dunia dalam waktu sangat cepat.  Tahun 1991 juga lahir sesasi rasa es krim dengan dibuatnya es krim Chocolate Chip Cookie Dough.

WISDOM

“Jikalau anda harus bekerja, maka bekerjalah untuk belajar. Jangan bekerja untuk uang.”

- Robert Toru Kiyosaki