Pin It

Jangan Mau Kalah Smart dari Smartphone





















1. F O M O ( Fear Of Missing Out)
Mungkin banyak dari ente yang bingung FoMo itu apa? ane juga tau istilah FoMo dari seminar yang udah agak lama ane datengin. Biar ga bingung Ane jelasin dulu definisi dari Fear of missing out alias FoMo ini, FoMo adalah ketakutan bahwa orang lain mungkin memiliki pengalaman berharga dari orang yang tidak hadir.
Apakah Agan pernah merasa bahwa Agan harus mengambil ponsel langsung saat berdering?
Semakin lama telepon berdering, semakin banyak Agan mengalami rasa takut akan kehilangan (FOMO). Anda merasa bahwa ada sesuatu yang penting yang akan Agan lewatin kalo ga langsung ngangkat tuh telfon.
Unsur yang paling penting dalam FOMO adalah kata "takut". Itu membuat kita melakukan hal-hal walaupun sebenarnya kita tidak terlalu ingin lakukan.
Ini seperti logika dibandingkan emosi: Ketika sebuah pilihan menarik disajikan kepada kita, kita akan merasa sebagai 'stranger' jika kita mengatakan "tidak" bila diajak oleh teman sepermainan/rekan/peer group dll. Kita bahkan takut bahwa kita akan melewatkan kesempatan seumur hidup jika kita mengatakan "tidak".
Contoh simplenya: Kalo misalnya agan diajak pergi temen ente, ente lagi capee banget abis kerja/abis kuliah. Ente sebenernya ga pengen pergi, pengen leha-leha dirumah. Tapi ente tetep mengiyakan ajakan ntuh dan akhirnya berangkat juga. Karena ente ngerasa Ente bakal ketinggalan banyak hal kalau ente gaikut ke pertemuan itu.

2. Memicu Perilaku Seks Beresiko
Ane baca artikel nih jadi ada riset Peneliti dari University of Southern California di Los Angeles AS untuk mengetahui sejauh mana penggunaan ponsel pintar di kalangan remaja memengaruhi perilaku seksual.
Rice bersama timnya mengkaji data survey Centers for Disease Control and Prevention (CDC) pada 2011 yang melibatkan 1.800 pelajar di Los Angeles berusia 12-18. Mereka menanyakan beberapa hal kepada para pelajar termasuk penggunaan internet dalam mencari pasangan, berhubungan seks dengan pasangan, penggunaan kondom, serta pemanfaatan teknologi khususnya smartphone.
Dalam riset terungkap, sekitar sepertiga pelajar menggunakan smartphone yang terhubung langsung ke dunia maya, dan sekitar separuh anak-anak mengaku bahwa mereka aktif secara seksual . Di antara remaja yang tidak menggunakan smartphone, peneliti menemukan hanya sepertiga remaja yang mengaku melakukan hubungan seks.
Riset juga mengungkapkan, 5 persen pelajar SMA menggunakan internet untuk mencari pasangan, dan satu di antara 4 pelajar merambah dunia untuk mendapatkan seks. Mereka yang melakukan pendekatan atau mencari pasangan seks secara online, secara signifikan cenderung melakukan hubungan seks dengan pasangan yang dikenalnya di internet. Ini risetnya udah 4 tahun lalu Gan, jaman ane lulus SMA. Bisa dibayangkan makin kesini makin banyak apps “pencarian teman” mungkin jadi teman beneran, mungkin jadi pasangan, mungkin juga jadi “Teman Bobo” aja..

3. Menganggu Kesehatan
Sadar ga sadar terlalu banyak menggunakan smartphone bisa menganggu kesehatan Ente juga loh gan! Gimana ceritanya? Dari radiasi yang dihasilkan smartphone ente, beberapa penelitian menunjukkan radiasi ponsel bisa memicu tumor otak dan insomnia. Bayangin aja ente terpapar radiasi dari handphone secara terus menerus, sampe waktu mau tidur dan sepanjang tidur juga deket dengan hengpong ente! Yang akhirnya juga bisa bikin Ente susah tidur Gan, yang dimana ini juga salah satu kebiasaan tidak sehat. Terlalu sering menatap ponsel juga bisa menyebabkan rasa mual dan sakit kepala. Menatap ponsel secara terus menerus juga bisa membahayakan mata kita Gan! Teks berukuran kecil di layar ponsel bisa menyebabkan sakit kepala, penglihatan kabur, dan mata kering. Karena itu, jagalah agar ponsel Anda berjarak 40-50 sentimeter dari wajah.

4. Menjauhkan Yang Dekat
Smartphone emang berperan banget untuk mendekatkan yang jauh, misalnya sahabat ente diluar negeri, atau di luar kota, atau bahkan cuma beda beberapa blok rumahnya dari ente bisa tetep berkomunikasi lewat smartphone ente. Tapi Yang terjadi malah kebalikannya yaitu Menjauhkan yang dekat yang sering banget ane liat.. Kenapa Smartphone menjauhkan yang dekat? Coba ente sering ga liat segerombolan orang yang nongkrong di suatu tempat, entah itu restoran, cafe, dan tempat-tempat kumpul lainnya yang main hengpong semua. Yang harusnya ketemu temen-temen di cafe untuk duduk,tuker cerita, becanda, dan ketawa bareng eh malah semua sibuk dengan gadgetnya masing2... yang lebih miris kalo misalnya liat sekeluarga duduk bareng, tp semua sibuk dengan gadgetnya masing-masing, dari anak paling kecil ampe orang tuanya miris gan! harusnya saat kumpul2 tuh untuk mempererat silaturahmi dan menjadi quality time, tapi kenyataan yang sering terjadi malah "menjauhkan yang dekat" ya itu, dengan main smartphone padahal lagi kumpul bareng orang yang terkasih.
Harusnya tempat-tempat ngumpul2 disini kaya gini aja kali ya gan

5. Ga Peka Sama Lingkungan Sekitar
Kalo yang ini bisa terlihat banget di publik gan, di transportasi umum, jalan raya, mall dan lain2. Contohnya kalo di kereta, Ada orang yang ga liat nenek2 yang bawa barang banyak dan ga nawarin untuk duduk karena kuping udah disumpel sama headset dengan musik yang kenceng dan matanya fokus ke layar hp.. Ga peka sama lingkungan juga bisa membahayakan diri sendiri Gan. Contohnya Kalau lagi main hengpong pas lagi bawa kendaraan(mobil/motor) yang bisa menyebabkan kecelakaan. Kalo ente lagi jalan di jalur pejalan kaki megang hp bisa bikin galiat ada got, akhirnya nyusruggg ke got ntuh??? Wkwkk kocak kan... Itu versi kocaknya, bayangin kalo lagi di jalan raya atau di deket rel kereta.... Lagi main hp jadi ga fokus sama yang lewat.... Udah ah ane gamau nerusin serem ngebayanginnya...

6. Ketergantungan
Sebelumnya ane pengen nanya nih, apa hal pertama yang ente cari abis ente bangun tidur? Kalo yang ente cari hengpong ente, itu udah salah satu tanda ente ketergantungan sama hp ente gan! mungkin ente ngerasa selama ente tinggal tidur tuh hp pasti udah banyak chat, update2an baru dan hal-hal lain yang (belum tentu) urgent semua, tp ya ttp aja ente ngerasa selalu butuh ngeliat hp ente. Contoh lainnya, coba kalo misalnya ente berangkat kerja/kuliah/pergi dari rumah deh pokoknya, terus hp ente ketinggalan.. pasti udah kalang kabut kaya apa Gan! Seakan kalo keluar rumah ga bawa HP tuh salah banget! bisa jadi kalo dompet ente ketinggalan ente ga begitu panik karena bisa minjem duit dulu sama temen

WISDOM

“Jikalau anda harus bekerja, maka bekerjalah untuk belajar. Jangan bekerja untuk uang.”

- Robert Toru Kiyosaki