Pin It

Pembagian Jadwal Terbaik Untuk Otak

mrsupel.blogspot.com - Pembagian Jadwal Waktu Terbaik Untuk Otak

Banyak yang menduga hanya energi atau berat badan yang dapatberfluktuasi selama satu hari. Padahal otak manusia juga memiliki iramatersendiri dan ada waktu-waktu terbaiknya. Kapan saja waktu brilian untukmelakukan aktivitas tertentu?

Seperti dikutip dari Health.MSN, ada 8 waktu tertentu yang manaseseorang bisa menjadi brilian dalam melakukan tugas-tugasnya, yaitu:

Jam 7-9 pagi: Saat terbaik untuk meningkatkan semangat dan gairah

"Waktu tersebut merupakan saat yang sempurna untuk meningkatkanikatan dengan pasangan ketika baru bangun tidur," ujar Ilia Karatsoreos,PhD, ahli saraf dari Rockefeller University.

Hal ini karena kadar hormon oksitosin (hormon cinta) berada di leveltertinggi setelah bangun tidur. Waktu ini merupakan saat yang tepat untukmemperkuat hubungan dengan orang-orang yang paling penting dalam hidup.Peneliti Inggris menuturkan bahwa kadar oksitosin pada laki-laki akanberangsur-angsur menurun seiring berjalannya waktu.

Jam 9 pagi sampai 11 siang: Saat terbaik untuk kreativitas

Pada waktu tersebut otak memiliki hormon kortisol (hormon stres) yangcukup, sehingga dapat membantu memfokuskan pikiran dan hal ini tidakdipengaruhi oleh usia berapapun.

Saat ini merupakan waktu yang prima untuk belajar serta mengerjakantugas yang membutuhkan analisa dan konsentrasi. Karena itu saatnyamengembangkan ide baru, membuat presentasi atau melakukan brainstorming.

Jam 11 sampai jam 2 siang: Saat terbaik untuk melakukan tugas yang sulit

Peneliti Jerman menuturkan saat tersebut hormon melatonin (hormon tidur)telah menurun tajam, sehingga tubuh lebih siap untuk mengerjakan beban proyekatau pekerjaan yang sulit dan keras.

Namun sebaiknya tetap tidak melakukan beberapa tugas secara bersamaan,karena akan membuat seseorang kehilngan konsentrasi. Karena itu saatnyamelakukan presentasi atau melakukan tugas yang berat lainnya.

Jam 2-3 siang: Saat terbaik untuk beristirahat



Untuk mencerna makan siang, maka tubuh akan menarik darah dari otak keperut, kondisi ini akan membuat asupan darah atau oksigen ke otak sedikitberkurang yang membuat seseorang jadi mengantuk. Untuk itu cobalah beristirahatsebentar dari pekerjaan.

Jika tetap harus bekerja dan melawan kantuk, cobalah berjalan-jalansebentar, melakukan meditasi atau minum air putih. Hal ini bisa meningkatkanvolume vaskuler dan sirkulasi sehingga meningkatkan aliran darah ke otak.

Jam 3 siang sampai 6 sore: Saat terbaik untuk kolaborasi

"Pada saat sekarang otak akan merasa sangat lelah," ujar PaulNussbaum, PhD, seorang neuropsikolog klinis. Karena itu tak ada salahnya untukmelakukan kolaborasi dengan rekan kerja atau melakukan kegiatan yang berbeda.Meskipun otak tidak setajam waktu sebelumnya, tapi seseorang akan merasa lebihsantai dan tekanan tubuhnya juga lebih rendah.

Jam 6 sore sampai 8 malam: Saat terbaik untuk melakukan tugas-tugaspribadi

Diantara jam tersebut, peneliti menemukan bahwa otak sudah masuk dalamtahap "pemeliharaan", yaitu ketika produksi melatonin masih berada dilevel rendah.

Tak ada salahnya untuk berjalan-jalan seorang diri atau bersamateman-teman, menyiapkan makan malam atau menikmati waktu yang berkualitasbersama anggota keluarga.

Jam 8-10 malam: Saat terbaik untuk bersantai

Pada saat ini ada transisi dari kondisi terjaga menjadi mengantuk,karena kadar hormon melatonin akan meningkat cepat. Sementara itu kadarserotonin (neurotransmitter yang berhubungan dengan semangat) akan memudar.

Rubin Naiman, PhD spesialis masalah tidur dari University ofArizona"s Center for Integrative Medicine menuturkan sekitar 80 persenserotonin akan dirangsang dari paparan sinar matahari, sehingga jika mataharitenggelam kadar dalam dalam tubuh juga berkurang.

"Pada malam hari ketika otak sudah lelah, merupakan cara terbaikuntuk membuat tubuh menjadi santai seperti menonton film lucu, merajut ataumelakukan hal-hal yang bisa membuat tubuh santai atau rileks," ujarNaiman.

Jam 10 malam ke atas: Saat terbaik untuk tidur dan menuda segalakegiatan

Saat ini merupakan waktunya istirahat malam dan tidur, pengaturan cahayaakan dapat membantu membiarkan otak beristirahat. Setelah beberapa jam, otakakan siap kembali untuk memulai aktivitas baru.

Usahakan untuk mendapatkan tidur yang cukup sebanyak 7-8 jam, sehinggabisa mendapatkan kesehatan dan energi yang optimal di pagi hari.

Sumber

WISDOM

“Jikalau anda harus bekerja, maka bekerjalah untuk belajar. Jangan bekerja untuk uang.”

- Robert Toru Kiyosaki