Pin It

Kenapa Air Rebusan Mie Instant Harus Dibuang

Kenapa Air Rebusan Mie Instan Dibuang?
Di Indonesia mie instan merupakan makanan yang paling banyak dikonsumsi apalagi pada saat terjadi musibah. Meski demikian, mengonsumsi mie instan dalam jumlah banyak mampu menimbulkan efek negatif bagi tubuh karena bahan pengawet dan penyedap rasa yang terkandung.
Tak hanya itu, selain kandungan karbohidrat mie instan tak cukup memiliki kandungan vitamin, mineral, atau serat yang bermanfaat  bagi tubuh. Namun pada  dasarnya mie instan tidak cukup  memiliki nutrisi bagi keseimbangan gizi tubuh manusia.
“Namun yang paling berbahaya adalah adanya kandungan bahan pengawet, MSG (monosodium glutamat), dan bahan pewarna makanan yang ada di dalam mi instan," ungkap dr Patricia Wijaya, dokter ahli kecantikan dari Beauty Inc.
Kandungan berbahaya ini didapatkan dari proses pengolahan sampai proses pengawetan yang dilakukan dengan cara menggoreng mie hingga kering. Proses ini biasanya menggunakan minyak goreng yang membuat air rebusan mie menjadi keruh dan sedikit berminyak ketika direbus.
“Banyak orang yang mengatakan bahwa air rebusan pertama ini harus dibuang agar pengawetnya hilang. Namun sebenarnya zat pengawet ini tidak akan hilang,” tutur dr Patricia.
Air rebusan mi instan yang pertama akan mengeluarkan minyak dan zat kimia lainnya yang mungkin saja digunakan untuk membuatnya. Namun, bahan pengawet dan kandungan lain yang berbahaya bagi kesehatan ketika diolah lebih lanjut ini tidak akan hilang 100 persen. Ia hanya akan berkurang sedikit ketika air rebusan pertama dibuang.
Kandung minyak, bahan pengawet, MSG, dan zat pewarna masih akan tetap menempel pada mie instan meski kadarnya sudah berkurang beberapa persen. Perlu Anda ketahui, penggunaan bahan pengawet tak selamanya membahayakan, karena produsen mie instan tentunya harus mengikuti standar aman yang ditetapkan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).
Dalam jangka panjang bahan kimia akan sangat berbahaya bagi  kecantikan wajah dan kulit. Kulit menjadi lebih kering, kelak menimbulkan penuaan dini. Selain itu mie instan juga akan merusak program diet karena kadar kalorinya tinggi.

WISDOM

“Jikalau anda harus bekerja, maka bekerjalah untuk belajar. Jangan bekerja untuk uang.”

- Robert Toru Kiyosaki