Pin It

Hari Ini Matahari Terlihat Lebih Besar


Mungkin tidak banyak orang yang akan menyadari bahwa matahari dan bumi hari ini (03/13) berjarak cukup dekat dibanding biasanya.

Mashable (03/13) melansir bahwa matahari pada hari ini akan terlihat lebih besar dibandingkan hari biasanya. Hal tersebut dikarenakan bumi pada hari ini tepat berada di garis perihelion atau titik poin terdekat ke matahari dalam lintasan orbit planet, asteroid atau komet.

Dalam perkiraan rata-rata, jarak bumi dan matahari berjarak sekitar 93 juta mil atau sekitar 150 juta kilometer. Ketika bumi masuk dalam garis perihelion, maka jaraknya hanya sekitar 91.402.560 mil atau sekitar 147.098.161 kilometer saja.

Memang apabila dilihat, besar matahari seperti tidak berubah akan tetapi para ilmuwan menjelaskan bahwa ada perubahan sebesar 3,4% dari ukuran semula. Pada intinya, matahari tidak menjadi besar atau bumi mengkerut pada hari ini. Semuanya hanya karena jarak yang memendek saja.

Tidak hanya ukuran matahari yang terlihat lebih besar saja, suhu udara juga akan sedikit mengalami peningkatan sebesar 2,3 derajat Celcius dibanding suhu rata-rata. Namun, ukuran suhu tersebut tidak dapat dijadikan patokan apabila suasana pada saat itu mendung, hujan, berkabut atau bersalju.

Tidak terdapat penjelasan lebih detail, apakah dengan 'mendaratnya' bumi di garisperihelion ini akan membawa dampak buruk bagi sebagian ekosistem, atmosfir atau lainnya di planet ini.

WISDOM

“Jikalau anda harus bekerja, maka bekerjalah untuk belajar. Jangan bekerja untuk uang.”

- Robert Toru Kiyosaki