Pin It

5 Tips Menghadapi Kegagalan


“Saya belum gagal, Saya baru saja menemukan 10.000 cara yang tidak akan bekerja..”- Thomas Edison

Bayangkan jika Thomas Edison telah menyerah pada kegagalan … kita masih akan tinggal dalam kegelapan. Jika Henry Ford telah menyerah kita masih akan naik kuda … jika Michael Jordan telah menggantung sepatunya … Nike akan menjadi sekadar merek olahraga.

Jika Anda melihat kembali semua inovator, olahragawan, jenius & ikon yang paling inspiratif sepanjang sejarah, mereka semua berbagi benang merah – mereka tidak percaya dengan kegagalan.

“Sukses adalah kemampuan untuk melangkah dari kegagalan ke kegagalan tanpa kehilangan antusiasme Anda.” Winston Churchill

“Kegagalan hanyalah kesempatan untuk memulai lagi, hanya kali ini lebih bijak.” Henry Ford

“Aku kehilangan lebih dari 9000 tembakan dalam karir saya, saya telah kehilangan hampir 300 permainan.. Dua puluh enam kali aku telah dipercaya untuk mengambil tembakan untuk memenangkan permainan dan tidak terjawab. Saya sudah gagal berulang-ulang dalam hidup saya. Itu sebabnya saya berhasil.” Michael Jordan

Orang-orang sukses memahami bahwa kegagalan adalah prasyarat untuk sukses dan semakin cepat Anda menyadarinya,semakin cepat Anda akan mencapai kesuksesan dan kebahagiaan pribadi. Setiap kegagalan yang Anda buat adalah satu langkah lebih dekat untuk sukses – selama Anda belajar dari kesalahan Anda tentu saja! Definisi kegilaan adalah ‘untuk melakukan hal yang sama berulang-ulang dan mengharapkan perubahan. Jadi, tidak cukup baik untuk hanya tetap gagal di hal yang sama – tujuan dari kegagalan adalah menjadi lebih bijaksana melalui pengalaman dan hanya dengan mempelajari apa yang tidak berjalan, kita bisa pelajari apa yang berjalan.

Strategi Hidup Simpel: 5 Tips untuk Menghadapi Kegagalan:

1. Membingkai ulang situasi Anda – akan selalu ada situasi yang lebih buruk yang bisa Anda pikirkan dan ini akan membuat Anda segera merasa lebih baik

2. Analisa mengapa Anda gagal dan bagaimana Anda dapat mengambil pelajaran ke depan untuk membawa Anda selangkah lebih dekat dengan tujuan Anda (jangan fokus pada ‘gagal’ – fokus pada apa yang akan Anda ubah)

3. Selalu meminta umpan balik – dan jangan menganggapnya sebagai kritik – tetapi informasi berharga untuk membantu Anda sukses dan bergerak maju

4. Jangan membuat kesalahan dengan menilai diri negatif berdasarkan tindakan Anda. Hanya karena Anda telah mengambil tindakan yang telah gagal – tidak berarti Anda gagal. Anda bukan pekerjaan Anda. Ini hanyalah satu aspek dari siapa Anda.

5. Sukses dinilai tidak pada seberapa cepat Anda berhasil tapi seberapa cepat Anda pulih, maka bangunlah dan terus berjalan. Seperti yang dikatakan Confucious:

“Kemenangan terbesar kita bukanlah tidak pernah gagal, tetapi bangkit setiap kali kita gagal.”

Jadi tirulah leluhur besar anda dan belajar mencintai kegagalan!

sumber

WISDOM

“Jikalau anda harus bekerja, maka bekerjalah untuk belajar. Jangan bekerja untuk uang.”

- Robert Toru Kiyosaki