Pin It

Hebatnya Gamer Pecahkan Teka-Teki AIDS

Anda, sekumpulan gamer mampu memecahkan penyakit AIDS yang sampai ini belum ditemukan obatnya?
Sejak diakui oleh WHO pada tanggal 5 Juni 1981, penyakit AIDS masih menjadi penyakit mengerikan bagi semua orang. Obatnya sendiri masih belum ditemukan. Diperkirakan AIDS telah menginfeksi 38,6 juta orang di seluruh dunia. Namun para gamer berhasil memecahkan teka-teki penyakit AIDS ini hanya dalam waktu 10 hari. Bagaimana mungkin?
Ya, sebanyak 57.000 gamer berusaha memecahkan teka-teki terkait petunjuk pengobatan AIDS lewat sebuah game komputer bernama Foldit yang merupakan hasil eksperimen pakar teknik komputer biokimia di Universitas Washington. Model permainan ini seperti Tetris namun pemainnya mencoba melipatgandakan jumlah protein hingga mencapai bentuk yang rumit.
Para pemain secara interaktif menggunakan berbagai macam cara untuk mengubah bentuk protein tersebut. Mereka mendapat poin berdasarkan energi internal dari struktur protein tiga dimensi yang ditentukan dengan hukum Fisika. Tiap kali ada pemain yang berhasil menemukan struktur yang lebih elegan yang merefleksikan kondisi energi dari molekul tersebut, nilai mereka akan bertambah. Hasilnya, dalam sepuluh hari mereka berhasil menjawab teka-teki seputar enzim yang sudah bertahun-tahun ditekuni para ilmuwan.
Dilansir dari situs scientificamerican.com, Firas Khatib, seorang pakar biokimia dari Universitas Washington mengatakan bahwa hasil dari permainan Foldit telah menjadi titik terang dalam pengobatan penyakit AIDS. Ditambahkannya, hasil penelitian ini akan dipublikasikan di jurnal Nature Structural & Molecular Biology, dan akan menyebutkan para gamer tersebut karena atas kontribusinya.
Tentunya pencapaian ini menjadi sebuah hal penting dalam ilmu sains, dan merupakan kebanggaan bagi para gamer karena bisa berkontribusi dalam pemecahan teka-teki penyakit AIDS. Dengan demikian jika strukturnya dapat diungkap, para ilmuwan akan dapat merancang obat untuk menghambat penyebaran virus HIV.

sumber

WISDOM

“Jikalau anda harus bekerja, maka bekerjalah untuk belajar. Jangan bekerja untuk uang.”

- Robert Toru Kiyosaki