Pin It

Penemu Laptop Pertama Meninggal Dunia

Penemu laptop pertama meninggal dunia

Dunia IT kembali kehilangan salah satu pelopornya. Setelah Steve Jobs meninggal tahun lalu karena komplikasi kanker pankreas sekarang giliran Bill Moggridge meninggal pada usia 69 karena kanker. Bill Moggridge adalah seseorang yang pertama kali mendesain sebuah clamshell PC yang akhirnya bertransformasi menjadi laptop saat ini.

Tanpa Moggride dunia mungkin tak akan mengenal bentuk laptop yang Anda kenal saat ini. Pada 1980 dia membangun clamshell PC pertama yang diberi nama GRiD Compass 1100 yang memiliki berat 5,5 Kg. Setelah mendesain sebuah clamshell PC dirinya bersama GRiD System, produsen GRiD Compass 1100, mematenkan sistem desain clamshell tersebut. Namun dunia cukup beruntung Moggridge dan GRiD System tak pernah menuntut siapapun yang menggunakan prinsip desain clamshel PC-nya, tak seperti raksasa IT masa kini yang saling perang paten.

GRiD Compass 1100 selain menjadi laptop pertama juga menjadi komputer portabel pertama yang digunakan oleh Militer Amerika Serikat. GRiD Compass 1100 juga pernah dibawa oleh misi penerbangan antariksa NASA. Komputer portabel tersebut dibawa oleh misi antariksa Discovery pada awal 80-an karena kepraktisan dan performanya.

Selain mendesain GRiD Compass 1100, Moggridge juga merupakan pendiri IDEO, sebuah grup desain. Dirinya bersama IDEO merupakan penemu mouse Apple pertama dan desain PDA Palm V.

Dua tahun lalu, menurut informasi PCMag (10/09),Moggridge keluar dari IDEO yang didirikannya. Saat itu pula Bill Moggridge menjabat sebagai direktur Cooper-Hewitt National Design Museum di New York.

sumber

WISDOM

“Jikalau anda harus bekerja, maka bekerjalah untuk belajar. Jangan bekerja untuk uang.”

- Robert Toru Kiyosaki