Pin It

5 Fakta Tentang Mimpi Buruk


Anda tentu pernah mengalami mimpi buruk, bukan? Mungkin Anda pernah bertanya-tanya mengapa Anda bisa bermimpi buruk, sementara orang lain bisa tidur dengan nyenyak atau mimpi indah. Para peneliti telah lama meneliti mengenai mimpi, dan inilah fakta-fakta yang mereka temukan, seperti dilansir oleh Live Science.
1. Mimpi mengenai kekerasan bisa berarti peringatan
Tak hanya bermimpi buruk, orang seringkali melakukan kekerasan dalam mimpinya, seperti memukul, berteriak, atau menendang. Mimpi yang membuat Anda seperti ini bisa jadi adalah tanda awal dari kelainan pada otak seperti penyakit Parkinson atau demensia.
2. Orang yang terjaga di malam hari lebih sering mengalami mimpi buruk
Terjaga di malam hari mungkin memiliki keuntungan, namun mimpi buruk bukan salah satunya. Penelitian yang dimuat dalam jurnal Sleep and Biological Rhythms menunjukkan bahwa orang yang terjaga di malam hari lebih sering mengalami mimpi buruk. Walaupun begitu, mereka masih belum menemukan penyebab dari hal ini. Bisa jadi ini disebabkan oleh kadar hormon cortisol yang tinggi.
3. Pria bermimpi tentang seks
Pria bermimpi mengenai seks lebih sering daripada wanita, sementara wanita lebih sering bermimpi buruk daripada pria. Mimpi buruk pada wanita bisa digolongkan menjadi tiga kategori, yaitu: mimpi yang menakutkan (seperti dikejar atau pembunuhan), mimpi kehilangan orang yang disayangi, dan mimpi yang membingungkan.
4. Anda bisa mengontrol mimpi
Jika Anda ingin mengontrol mimpi Anda, ada baiknya Anda mulai bermain video game. Bagaimana bisa? Penelitian oleh Jayne Gackenbach, seorang psikologis dari Grant MacEwan University di Kanada menunjukkan bahwa orang yang suka bermain game lebih sering mengalami lucid dream.Lucid dream adalah tahap mimpi dimana Anda bisa melihat diri Anda sendiri dan bisa mengontrol dunia mimpi Anda seperti sedang mengontrol pemain dalam dunia game.
5. Kenapa kita bermimpi?
Telah lama peneliti mencari-cari alasan mengapa kita bermimpi. Sigmund Freud pernah mengemukakan gagasan bahwa mimpi adalah bagian dari harapan dan efek samping dari tidur REM. Namun peneliti telah menemukan bahwa mimpi kemungkinan bisa membantu kita untuk menemukan penyelesaian masalah yang kita alami di dunia nyata.
Itulah lima fakta menarik mengenai mimpi buruk berdasarkan ilmu pengetahuan.

WISDOM

“Jikalau anda harus bekerja, maka bekerjalah untuk belajar. Jangan bekerja untuk uang.”

- Robert Toru Kiyosaki