Pin It

Bahaya Terompet Tahun Baru

bahaya terompet tahun baru yang berpotensi merusak pendengaran manusia yang dimaksud adalah terompet impor. Agan tau terompet impor??
Terompet impor adalah terompet "modern" yang dibuat manusia yang bunyinya mencapai 90 desibel. Apa itu desibel? Desibel adalah satuan untuk mengukur intensitas suara. Satu desibel ekuvalen dengan sepersepuluh bel. Kekuatan bunyi yang aman dalam kategori terompet tahun baru untuk kita adalah sekitar 30 sampai 40 desibel. Terompet apakah yang aman?? Tentu terompet tradisional karya bangsa
berikut artikel yang saya dapatkan untuk lebih lengkap nya
Quote:
Quote:
terompet tahun baru yang aman
Quote:
menjelang tahun baru 2011 yang hanya beberapa hari lagi, banyak pedagang trompet bermunculan, baik yang berjualan trompetnya dengan cara berkeliling menggunakan sepeda, dipanggul keliling, atau yang mangkal di sudut - sudut pusat perbelanjaan dan emper toko. Munculnya para pedagang trompet, benar-benar memberikan "hawa" meriah menyambut tahun baru.

Setelah diselidiki lebih lanjut, kini, terompet di indonesia tidak semuanya aman. Beberapa terompet berpotensi merusak pendengaran pada telinga. Terompet yang aman adalah terompet yang terbuat dari bahan dasar kertas karton. Biasanya terompet ini dijual di pedagang terompet pinggir jalan maupun sepeda keliling. Terompet ini mempunyai bentuk yang beraneka ragam, antara lain : Berbentuk corong (trompet biasa), keong, tanjidor, dan naga. Terompet ini pun dihias secara maksimal untuk lebih menarik perhatian pembeli. Harganya pun relatif murah, berkisar antara rp 2500,- sampai rp 10000,-sesuai dengan bentuk terompet yang dijual. Cara membunyikan nya adalah dengan ditiup manual dengan mulut.

Terompet ini tidak berpotensi merusak pendegaran manusia karena hanya memiliki kekuatan suara sekitar 30 sampai 40 desibel.
Quote:
Quote:
terompet tahun baru yang tidak aman
Quote:

terompet yang tidak aman yang dimaksud adalah terompet impor buatan china yang berbahan dasar plastik. Terompet ini adalah "versi mini" dari vuvuzela dari afrika selatan. Vuvuzela mempunyai kekuatan bunyi mencapai 127 desibel sedangkan terompet impor ini mempunyai kekuatan bunyi sekitar 90 desibel. Harga terompet ini relatif lebih mahal daripada harga terompet tradisional, yaitu sekitar rp 10000,- sampai rp 20000,- terompet ini biasanya juga dijual di pedagang pinggir jalan bercampur dengan terompet tradisional. Terompet ini dapat dibunyikan dengan cara mendorong penekan udara yang ada diterompet itu sendiri. Otomatis terompet itu akan menghasilkan suara yang lebih keras dan nyaring dibandingkan dengan terompet tradisional.
sekilas tentang vuvuzela
Quote:


vuvuzela atau biasa disebut lepatata (dalam bahasa tswana) adalah sebuah alat musik tiup khas afrika selatan. Alat musik ini dapat ditemukan saat berlangsungnya piala dunia fifa 2010 ataupun pada piala konfederasi fifa 2009. Alat musik ini memiliki panjang sekitar 65 cm (2ft) dan menghasilkan tekanan suara sebesar 127 desibel.

Vuvuzela dulu digunakan untuk memanggil penduduk yang letak nya jauh agar menghadiri suatu pertemuan tertentu. Pada jaman sekarang, vuvuzela untuk pertandingan-pertandingan bola di afrika selatan dan sudah menjadi simbol per-sepak-bolaan afrika selatan.
Quote:
Quote:
beberapa gambar terompet tradisional buatan indonesia
Quote:
Spoiler for pedagang terompet keliling:



sumber : kaskus.us

WISDOM

“Jikalau anda harus bekerja, maka bekerjalah untuk belajar. Jangan bekerja untuk uang.”

- Robert Toru Kiyosaki