Pin It

Tips Produktif Ala Steve Jobs


Jika Anda sedang berusaha keras untuk menyelesaikan pekerjaan lebih maksimal di kantor, Anda tidak sendirian. Pembelajaran mengenai produktivitas kerja merupakan topik yang tak kunjung habis. Para pekerja dari generasi ke generasi berikutnya telah mencoba bagaimana melakukan pekerjaan lebih maksimal dalam waktu yang lebih singkat. Jika Anda percaya bahwa sukses adalah hasil dari kerja keras, pastinya para orang-orang sukses lebih tahu bagaimana menyiasati produktivitas. Bagaimana dengan Steve Jobs? Apa yang menjadi rahasia kesuksesannya di level tertinggi dalam dunia bisnis? 
 
Edit Ruthlessly (Memperbaiki Secara Sporadis) 
Visi Steve Jobs untuk Apple telah membawa perusahaannya, dan teknologi modern secara global , ke level yang jauh lebih tinggi. Gadget seperti iPod, iPhone dan iPad menguasai pasarnya masing-masing karena mudah digunakan dan memberikan penggunanya pengalaman yang luar biasa. Bagaimana ini bisa terjadi? Ini merupakan hasil kinerja Apple yang mempersingkat proses pembuatan produk-produknya sehingga menghasilkan hanya output-output yang penting (baca: hebat) saja. Hal ini diamini oleh Mark Parker setelah ia menduduki posisi barunya sebagai CEO Nike. Ia menerima telpon dari sang legenda Steve Jobs, yang lantas memberitahunya tips perihal produktivitas. “Nike membuat produk-produk terbaik di dunia,” kata Steve. “Produk-produk bagus nan menakjubkan yang sangat digemari banyak orang. Namun Anda juga membuat produk-produk ‘sampah’. Singkirkan 'sampah-sampah' tersebut dan fokuslah dengan produk-produk yang bagussaja.”
 
Moral of the Story
Berkomitmenlah setinggi-tingginya terhadap project dan tujuan Anda. Jika Anda menghabiskan waktu dan energi untuk project yang sebetulnya kurang bagus, cari cara untuk melepasnya dan pergunakan resources yang ada untuk project yang memang layak dan lebih bagus.
 
Learn from the Greats
Seperti yang mungkin Anda telah ketahui, masalah-masalah dalam pekerjaan merupakan hal yang universal. Dari office boy sampai CEO, semuanya berjuang dalam menghadapi ‘distractions’ yang mempengaruhi pekerjaan mereka. Don’t worry to much bro, karena Anda tidak sendirian dalam menghadapi tantangan-tantangan tersebut. Mungkin pekerjaan Anda berbeda dari seorang CEO, namun solusi yang sama berlaku dimana-mana. Pelajari dan pahami bagaimana cara seorang Steve Jobs bekerja dan bagaimana Anda bisa menerapkannya dalam pekerjaan. Tetap kejarlah hasil yang lebih baik, dan kelak giliran Anda yang akan berbagi tips mengenai kesuksesan.

sumber

WISDOM

“Jikalau anda harus bekerja, maka bekerjalah untuk belajar. Jangan bekerja untuk uang.”

- Robert Toru Kiyosaki