CEO Apple Tim Cook baru-baru ini meminta maaf terkait berbagai
macam error yang terjadi di Apple Maps. Bukan kali ini saja Apple
meminta maaf pada para penggemar setianya.
Tercatat, perusahaan asal Amerika Serikat yang didirikan oleh Steve Jobs itu sudah cukup banyak meminta maaf pada publik dan terutama konsumennya. Sebabnya pun bermacam-macam.
Permintaan maaf tentang apa saja yang pernah dikeluarkan Apple? Berikut beberapa momentum iSorry sebutan ketika Apple meminta maaf tersebut, Senin (1/10/2012).
1. Diskon drastis iPhone
Tercatat, perusahaan asal Amerika Serikat yang didirikan oleh Steve Jobs itu sudah cukup banyak meminta maaf pada publik dan terutama konsumennya. Sebabnya pun bermacam-macam.
Permintaan maaf tentang apa saja yang pernah dikeluarkan Apple? Berikut beberapa momentum iSorry sebutan ketika Apple meminta maaf tersebut, Senin (1/10/2012).
1. Diskon drastis iPhone
Generasi
pertama iPhone keluar pada tahun 2007. Dua bulan sesudah pemasarannya,
Apple memutuskan untuk memangkas harganya sampai USD 200.
iPhone 8GB yang harga awalnya USD 599 dipangkas menjadi hanya USD 399. Tentu saja para pembeli pertama iPhone merasa dikecewakan dengan pemangkasan harga yang mendadak itu.
Steve Jobs pun kemudian meminta maaf. "Kami meminta maaf telah mengecewakan sebagian dari Anda," katanya. Apple lalu memberi kompensasi senilai USD 100 bagi para pembeli awal iPhone.
Namun Jobs menilai pemangkasan harga adalah hal yang wajar. "Jika Anda selalu menunggu diskon harga atau model yang baru, Anda tidak akan pernah membeli produk teknologi apapun," katanya kala itu.
2. MobileMe amburadul
iPhone 8GB yang harga awalnya USD 599 dipangkas menjadi hanya USD 399. Tentu saja para pembeli pertama iPhone merasa dikecewakan dengan pemangkasan harga yang mendadak itu.
Steve Jobs pun kemudian meminta maaf. "Kami meminta maaf telah mengecewakan sebagian dari Anda," katanya. Apple lalu memberi kompensasi senilai USD 100 bagi para pembeli awal iPhone.
Namun Jobs menilai pemangkasan harga adalah hal yang wajar. "Jika Anda selalu menunggu diskon harga atau model yang baru, Anda tidak akan pernah membeli produk teknologi apapun," katanya kala itu.
2. MobileMe amburadul
MobileMe
adalah layanan online Apple yang sudah ditutup pertengahan tahun 2012
ini bersamaan dengan kedatangan iCloud. Pada awal peluncurannya Juli
2008, layanan ini terkena banyak masalah.
MobileMe diketahui sulit melakukan sync dan punya masalah di server. Apple pun akhirnya kembali meminta maaf, kali ini melalui surat elektronik alias email.
"Kami ingin minta maaf pada kustomer loyal kami dan mengekspresikan apresiasi kami atas kesabaran mereka dengan memberikan ekstensi 30 hari pada pelanggan MobileMe secara gratis," demikian pernyataan Apple.
3. Aplikasi Baby Shaker
MobileMe diketahui sulit melakukan sync dan punya masalah di server. Apple pun akhirnya kembali meminta maaf, kali ini melalui surat elektronik alias email.
"Kami ingin minta maaf pada kustomer loyal kami dan mengekspresikan apresiasi kami atas kesabaran mereka dengan memberikan ekstensi 30 hari pada pelanggan MobileMe secara gratis," demikian pernyataan Apple.
3. Aplikasi Baby Shaker
Toko
aplikasi App Store terkenal ketat dalam mengontrol aplikasi yang
didaftarkan. Namun beberapa kali, Apple tetap kecolongan. Seperti kasus
aplikasi bernama Baby Shaker yang cukup menghebohkan.
Aplikasi tersebut dianggap kejam, karena penggunaannya adalah dengan cara menggoyang-goyang ponsel sampai gambar si bayi terlihat meninggal. Protes pun langsung berdatangan dan Apple segera meminta maaf.
"Aplikasi ini memang sangat offensif dan tidak seharusnya disetujui distribusinya di App Store. Kami meminta maaf atas kesalahan ini," kata Apple.
4. Pre Order iPhone 4
Aplikasi tersebut dianggap kejam, karena penggunaannya adalah dengan cara menggoyang-goyang ponsel sampai gambar si bayi terlihat meninggal. Protes pun langsung berdatangan dan Apple segera meminta maaf.
"Aplikasi ini memang sangat offensif dan tidak seharusnya disetujui distribusinya di App Store. Kami meminta maaf atas kesalahan ini," kata Apple.
4. Pre Order iPhone 4
Seperti
biasa, peluncuran iPhone terbaru disambut heboh oleh para penggemar.
Rilis iPhone 4 misalnya, membuat banyak konsumen menyerbu website Apple
untuk melakukan pre order. Akibatnya, situs Apple sempat crash dan tak
dapat diakses.
Apple pun minta maaf. Mereka mengklaim, crash terjadi karena jumlah pesanan iPhone 4 yang terlalu berlebihan, mencapai lebih dari 600 ribu pesanan dalam sehari.
"Beberapa sistem order kami mengalami malfungsi. Beberapa kustomer pun merasa frustasi. Kami minta maaf pada setiap orang yang mengalami kesulitan dan berharap mereka akan mencoba lagi," kata Apple ketika itu.
5. Antennagate
Apple pun minta maaf. Mereka mengklaim, crash terjadi karena jumlah pesanan iPhone 4 yang terlalu berlebihan, mencapai lebih dari 600 ribu pesanan dalam sehari.
"Beberapa sistem order kami mengalami malfungsi. Beberapa kustomer pun merasa frustasi. Kami minta maaf pada setiap orang yang mengalami kesulitan dan berharap mereka akan mencoba lagi," kata Apple ketika itu.
5. Antennagate
Kasus
antennagate yang menimpa iPhone 4 pada tahun 2010 memang cukup
menghebohkan. Jika dipegang pada bagian tertentu, iPhone 4 kabarnya akan
sulit mendapat sinyal selular.
Apple memang tidak pernah secara eksplisit meminta maaf atau mengakui kesalahan desain di iPhone 4. Namun mereka tampaknya sangat terganggu oleh isu ini sehingga mendiang Steve Jobs melakukan konferensi pers khusus untuk membela diri.
Aple menyatakan berbagai ponsel pesaing mengalami masalah serupa. "Hal ini menimpa semua ponsel wireless," sebut Apple.
Namun demikian, kasus ini semakin membesar sehingga Apple kemudian memberikan bumper khusus yang bisa didapat gratis, untuk memperkuat sinyal iPhone 4. Mungkin sebagai tanda maaf, walaupun tidak terucap. Desain antena iPhone pun kabarnya diam-diam diperbaiki.
6. Siri minta maaf
Apple memang tidak pernah secara eksplisit meminta maaf atau mengakui kesalahan desain di iPhone 4. Namun mereka tampaknya sangat terganggu oleh isu ini sehingga mendiang Steve Jobs melakukan konferensi pers khusus untuk membela diri.
Aple menyatakan berbagai ponsel pesaing mengalami masalah serupa. "Hal ini menimpa semua ponsel wireless," sebut Apple.
Namun demikian, kasus ini semakin membesar sehingga Apple kemudian memberikan bumper khusus yang bisa didapat gratis, untuk memperkuat sinyal iPhone 4. Mungkin sebagai tanda maaf, walaupun tidak terucap. Desain antena iPhone pun kabarnya diam-diam diperbaiki.
6. Siri minta maaf
Siri
adalah asisten perintah suara yang pertama kali diperkenalkan di iPhone
4S. Fitur ini pun tidak bebas dari masalah. Namun, Siri ternyata
dirancang untuk meminta maaf pada penggunanya.
Awal November tahun lalu, beberapa pengguna iPhone 4S mengaku kesulitan memakai Siri. Rupanya sebabnya karena Siri sukar terkoneksi dengan jaringan.
"Sorry, I am having trouble connecting to the network," demikian Siri meminta maaf.
sumber
Awal November tahun lalu, beberapa pengguna iPhone 4S mengaku kesulitan memakai Siri. Rupanya sebabnya karena Siri sukar terkoneksi dengan jaringan.
"Sorry, I am having trouble connecting to the network," demikian Siri meminta maaf.
sumber