Pin It

10 Tempat Menyelam Paling Menakjubkan di Dunia

1. The Bahamas, Western Atlantic
Photo from therocketscientist


Photo from active2gether

Bahama adalah sebuah kepulauan yang terdiri dari 700 pulau dengan luas lebih kurang 100.000 mil persegi dari Barat Samudera Atlantik.


Photo from remainingoceansart

Pada Perairan yang hangat ini juga terdapat pulau-pulau kecil dan mempunyai struktur karang yang luas. Sobat juga akan mendapatkan petualangan yang tak ada di salah satu gua laut terpanjang di dunia yang ditemukan di Grand Bahama Island.

Bahama juga menyediakan sebuah paket liburan yang lengkap dan sangat menguntungkan bagi sobat. Selain mendapatkan fasilitas menyelam, akomodasi dan transportasi, ada juga piagam terpisah untuk snorkeling, menjelajahi gua-gua dan bangkai kapal dan terjun ke Lubang Biru (Blue Hole).

2. Papua New Guinea, Bismarck Sea

Nakajima Kate/ Photo from Murray Cornish

Photo from Squalo Divers

Ikan Harimau (Tigger Fish)/ Photo from Boogies with Fish

Di Laut Brismack, Kepulauan Pappua Newguine, sobat dapat mengeksplorasi kehidupan laut yang eksotis dan situs-situs peninggalan Perang Dunia II seperti bangkai kapal yang ditemukan di Laut Bismarck.

3. Galapagos Islands
Whale Shark / Photo from PedroAlberto98

Kepulauan Galapagos adalah surga nyata bagi para penyelam profesional, karena memiliki array yang luas dan kondisi geografis yang menantang. Oleh karena itu sobat sebelumnya harus tahu bagaimana mengatasi makhluk-makhluk laut,arus, bentuk dan kedalaman yang tepat dan aman bagi sobat.


Penyu Hijau / Photo from hsacdirk

Pulau Serigala / Photo from hsacdirk

4. Rangiroa, Polynesia

Green Lagoon / Photo from JulienNarboux


Photo from Autopsea

Suhu rata-rata pada perairan ini sekitar 70F pada musim dingin dan 80F pada musim panas, oleh karena itu Rangiroa merupakan tujuan utama para penyelam setiap tahun. Kedalaman maksimum adalah sekitar 80 kaki dan anda harus menggunakan perahu untuk mendapatkan spot melihat lumba-lumba, hiu, berbagai jenis ikan pari dan jack fish.


5. Riviera Maya, Mexico
Cenote – Yucatan, Mexico / Photo from okinal

Photo from macrisbruse

Riviera Mayo terletak di samping Jalan Raya di sepanjang pantai Karibia Quintana Roo,Meksiko. Formasi karang dari Sistem Barrier Reef Mesoamerika di sepanjang pantai yang menakjubkan menjadi daya tarik para  wisatawan dan penyelam. Cara terbaik untuk mengeksplorasi jaringan sungai bawah tanah adalah dengan  menyelam melalui lubang reruntuhan (sinkhole collapses). Anda dapat melihat fenomena alam yang indah dalam formasi gua-gua karbonat karena Percampuran air tawar dan garam.

Penyelaman gue Chac Mool cenote di Quintana Roo. / Photo from brad77

Riviera Maya berisi dua sistem gua bawah laut terpanjang di dunia yang disebut Sac Actun dan Lembu Bel-ha. Ini menawarkan pemandangan langka untuk penyelam seperti makhluk air tawar yang berenang di puncak air. Penyelam yang lebih berpengalaman dapat menikmati pengalaman tak tertandingi dengan menyelami gua di lubang-lubang pembuangan Dos Ojos.


6. Great Barrier Reef, Australia
Great Barrier Reef Marine Park, Queensland, Australia / Photo from !snednas!

Terdiri dari lebih dari 2.900 terumbu karang dan 900 pulau-pulau, Great Barrier Reef adalah sistem terumbu karang terbesar dengan luas lebih dari 2.600 kilometer di Laut Koral. Situs Warisan Dunia ini adalah rumah bagi beberapa spesies makhluk laut yang eksotis.

Heart of a Giant Clam / Photo from Kälaino’ono’o


7. Little Cayman, British West Indies
Patung perunggu putri duyung di Grand Cayman / Photo from Sam Cathey

Kepulauan Cayman adalah sebuah wilayah dependensi Inggris yang terletak di Laut Karibia di sebelah selatan Kuba. Ini adalah tempat tinggal bagi spesies langka dari burung serta hewan air. Jika sobat memilih Little Cayman Islands sebagai tujuan menyelam, sobat harus merencanakan kunjungan pada bulan Juni dan Agustus ketika suhu air tetap menguntungkan dan laut yang tenang untuk memungkinkan visibilitas yang maksimum.

Photo from courtneyplatt

Jika sobat mencari walls dive, anda dapat menyelam pada kedalaman 3000 kaki di bawah air dan mengamati dunia laut yang langka. Sobat dapat menmukan Hiu Nurse, Sting Ray, Eagle Rays dan Penyu.



8. Bonaire
Photo from Kälaino’ono’o

Dengan lokasi geografis yang sempurna, Bonaire adalah tempat paling baik untuk berkembangnya flora dan faun air.

Kura-kura/ Photo from edpdiver



9. Bikini Atoll, Marshall Islands
Marshall Islands / Photo from Povilas Redko

Terletak di tengah Mikronesia Kepulauan Samudra Pasifik, Diihitung sebagai bagian dari Republik Kepulauan Marshall.Kelompok ini terdiri dari 36 pulau yang terletak di tengah Australia dan Honolulu dan salah satu tempat terbaik untuk penyelam adalaj untuk ntuk melihat bangkai kapal. Di antara bangkai kapal yang paling terkenal adalah kapal perang USS Saratoga sepertimantan dan Nagato Jepang.


Nagato Battleship / Photo from rjdiver


USS Saratoga Aircraft / Photo from rjdiver

10. British Columbia, Canada
Photo from pranjal2008

British Columbia adalah tujuan menyelam paling menakjubkan di Amerika Utara, para penyelam akan dihargai oleh pemandangan udang, kepiting Dungeness, paus Orca, singa laut,gurita besar, lingcod atau makhluk lain yang tergolong pada 5.000 spesies invertebrata atau 400 spesies ikan berwarna.



WISDOM

“Jikalau anda harus bekerja, maka bekerjalah untuk belajar. Jangan bekerja untuk uang.”

- Robert Toru Kiyosaki