Gadgetan – Seminggu belakangan, Klinik Tongfang menjadi bahasan pembicaraan paling ngetrend di jejaring sosial, bukan hanya di Twitter, di berbagai media sosial, seperti forum, bahkan instant messenger seperti Blackberry Messenger (BBM), bahasan Klinik Tongfang ini menyebar luas. Apa itu Klinik Tongfang? kenapa bisa menyebar secara viral di media sosial? Gadgetan akan membahas lebih dalam tentang Klinik Tongfang di sini.
Klinik Tongfang adalah sebuah klinik di wilayah Jakarta yang menyediakan pengobatan alternatif bagi para penderita penyakit. Biasanya iklan mereka di televisi diisi dengan pendekatan testimonial atau kesaksian dari sejumlah pasien yang merasakan manfaat setelah berobat di sana. Ujung kalimat dari testimonial juga selalu sama yaitu Terima Kasih Klinik Tongfang !!
Awal mula bahasan Tongfang meledak di media sosial adalah karena ulah beberapa pengguna yang membuat pelesetan berdasarkan topik klinik Tongfang. Tren plesetan ini juga merambah sampai ke layanan pesan singkat dari Blackberry. Di Kaskus, bahkan ada thread yang sempat ramai dan menjadi salah satu Hot Threads, isinya seputar plesetan tentang klinik Tongfang yang tersebar melalui BBM (Blackberry Messenger).

Berbicara soal merek, tentu ada keuntungan sendiri bagi Klinik Tongfang, mereka mendapat brand awareness yang cukup besar dari masyarakat Indonesia. Jika dialihkan ke ketertarikan dibandingkan pelesetan tentu hasilnya akan baik.
Sayangnya, beberapa dari pelesetan ini sepertinya dianggap tidak terlalu lucu jika berbicara soal penyakit yang diderita. Hal ini sepertinya menertawakan penderitaan yang dimiliki orang lain. Sebagai pengguna media sosial yang modern, selain membuat lucu dan menikmati sebuah topik adalah sebuah kewajiban untuk tidak menyingung perasaan dari orang lain. Seperti beberapa tweet tentang Klinik Tongfang di bawah ini.
Berikut ini beberapa Tweet yang kami anggap lucu dari Twitter:
Dulu, IPK saya enggak pernah nyampe 3. Setelah ke klinik Tongfang, saya ga kuliah lagi. Terima kasih klinik Tongfang @ISR_aliel
Dulu saya takut kehilangan pacar. Setelah saya ke klinik Tongfang, pacar saya benar-benar hilang, terima kasih Tongfang @TongFangUpdate
Dulu saya pernah DO dari kampus. Setelah minum jamu dari klinik Tongfang. Alhamdullilah sekarang saya OD @TongFangUpdate
Dulu pacar saya mutusin saya, tapi setelah 5 kali saya ke klinik Tongfang, pacar saya kembali …..buat ngenalin pacar barunya, Terima Kasih Tongfang @andriandewata

sumber