Pin It

Orang Maho Bisa Dilihat Dari Matanya

Sebuah ungkapan klasik mengatakan mata adalah jendela dunia. Tampaknya hal tersebut tidak berlebihan, mengingat sebuah riset terbaru mengatakan homoseksual bisa diketahui lewat mata.

Homoseksual

Caranya adalah melalui pelebaran pupil mata. Menurut riset, pelebaran pupil adalah indikator akurat mengenai orientasi seksual. Ketika orang menatap gambar erotis dan terangsang, tanpa disadari pupil mereka akan membuka.

Diwartakan Live Science, Rabu (8/8/2012), riset terbaru menunjukkan bahwa pelebaran pupil tersebut cocok dengan laporan orang mengenai rasa terangsang.

Demi memperoleh kesimpulan tersebut, Savin-Williams dan rekan-rekannya merekrut 165 orang pria dan wanita, termasuk pecinta sesama jenis, biseksual dan orang yang normal. Mereka diminta menonton video terpisah, masing-masing berdurasi satu menit, mengenai masturbasi pria dan wanita serta pemandangan.

Sebuah kamera pelacak pandangan mata digunakan untuk merekam pupil ketiika mereka menyaksikan video itu. Mereka juga diminta melaporkan rasa terangsang yang dialami ketika melihat masing-masing video.

"Jadi, jika seorang mengatakan dia lurus-lurus saja, matanya akan melebar kepada wanita. Sebaliknya jika mereka menyukai sesama, matanya akan melebar kepada pria," terang peneliti sekaligus psikolog perkembangan di Cornell University, Ritch Savin-Williams.

Menurutnya, pupil akan sedikit melebar ketika merespon rasa ketertarikan atau rangsangan tertentu, termasuk wajah kekasih atau suatu karya seni yang indah.

WISDOM

“Jikalau anda harus bekerja, maka bekerjalah untuk belajar. Jangan bekerja untuk uang.”

- Robert Toru Kiyosaki