Pin It

10 Cara Menghemat Baterai Blacberry Anda


Gadgetan - Anda ingin membuat baterai BlackBerry (BB) Anda lebih awet? Kita memiliki 10 tips sederhana yang dapat Anda gunakan untuk memastikan Anda memperoleh hasil maksimal dari daya baterai yang Anda butuhkan. 
Smartphone BlackBerry dikenal sebagai salah satu gadget yang mempunyai daya tahan baterai cukup mengagumkan dibandingkan smartphone lain. Tetapi jika Anda termasuk pengguna berat BB yang biasanya sering BBM-an, chatting, browsing dan update status jejaring sosial maka dipastikan baterai Anda akan habis terlebih dahulu sebelum Anda menyelesaikan kegiatan di hari itu.
Ada banyak pengaturan yang bisa Anda sesuaikan untuk membuat baterai Anda sedikit lebih awet dari biasanya sehingga Anda bisa memaksimalkan penggunaan BB Anda sepanjang hari.
Berikut sepuluh tips dan trik untuk menghemat dan memaksimalkan penggunaan baterai BlackBerry Anda. Tips ini bekerja untuk meningkatkan daya tahan baterai pada OS 6 dan perangkat dengan OS yang lebih rendah juga walaupun dengan menu yang mungkin berbeda.
1. Gunakan WiFi bila tersedia, dan matikan WiFi bila tidak digunakan

WiFi tampaknya menjadi pengaruh terbesar dalam stamina baterai pada perangkat yang lebih baru seperti Bold 9900/9930. Hasil tes menunjukkan bahwa menggunakan WiFi untuk keperluan browsing memiliki masa pakai baterai yang lebih awet daripada mengandalkan jaringan operator. Hal ini disebabkan oleh karena radio tidak harus bekerja keras. Namun, bila Anda tidak perlu menggunakan WiFi atau jika Anda berada di suatu tempat dimana tidak ada koneksi WiFi, pastikan Anda mematikannya agar fungsi tersebut tidak menggerogoti baterai Anda. Hal ini untuk menghindari perangkat BB Anda terus mencari jaringan dan menguras baterai.
Cara menyalakan atau mematikan WiFi:
Klik pada daerah Pengaturan Jaringan (Network Setting) bagian atas pada layar rumah (homescreen) Anda, beri tanda centang untuk menyalakan, dan matikan tanda centang untuk mematikan fungsi tersebut.
2. Kurangi kecerahan lampu
Kecerahan backlight standard ketika Anda membeli BB baru adalah sebesar 70%. Kecerahan tersebut cukup untuk melihat layar dengan jelas dan membuat semuanya tampak terang. Namun, kecenderungan alami BB user adalah ingin melihat hal-hal seterang mungkin bahkan menaikkan kecerahan hingga 100%. Hal ini dapat lebih cepat menguras dan menggerogoti daya tahan baterai. Menurunkan tingkat kecerahan akan sangat membantu stamina baterai Anda.
Cobalah turunkan kecerahan layar Anda sampai 10%. Ini mungkin tampak agak gelap pada awalnya bagi sebagian orang, tapi percayalah, setelah Anda mengatur kecerahannya, Anda akan tahu perbedaan usia baterai Anda.

Untuk mengubah kecerahan lampu latar Anda:
Masuk ke Pilihan> Tampilan> Layar atau dalam bahasa Inggris, Options > Display > Screen Display. Pilih Kecerahan Backlight dan ubah ke 10 atau dalam bahasa Inggris, pilih Backlight Brightness dan ubah ke 10.
 3. Ubah Backlight Timeout  (batas waktu lampu latar) Anda

Backlight Timeout adalah lama waktu dimana lampu belakang layar Anda tetap menyala walaupun Anda telah selesai menggunakan BB Anda. Dalam kebanyakan kasus beberapa orang memiliki batas waktu yang lama (1-2 menit) setelah selesai menggunakan perangkat BB mereka. Set waktu ke 10-20 detik agar bisa lebih menghemat baterai Anda.

Untuk menyesuaikan Backlight Timeout: Masuk ke Pilihan Tampilan Layar atau dalam bahasa Inggris, Options > Display > Screen Display. Ubah batas waktu lampu latar ke 20 detik atau dalam bahasa Inggris, pilih Backlight Timeout dan ubah ke 20 Sec.
 4. Matikan Bluetooth ketika tidak digunakan
Bluetooth adalah fitur yang hebat dari smartphone BlackBerry. Teknologi ini memungkinkan Anda terhubung dengan perangkat seperti headset, komputer, speaker dan banyak lagi. Namun jika tidak digunakan, Bluetooth secara perlahan-lahan dapat mengambil daya baterai Anda secara keseluruhan. Bila Anda tidak menggunakan Bluetooth, jangan lupa untuk mematikannya.

Untuk mematikan fungsi Bluetooth, hampir sama dengan WiFi:
Klik pada daerah pengaturan jaringan pada layar bagian atas homescreen Anda. Hapus tanda centang Bluetooth (untuk mengaktifkan Bluetooth, beri tanda centang pada Bluetooth)
5. Mengubah pengaturan jaringan ke 2G
Melakukan ini dapat menjadi bantuan besar pada umur baterai. Set jaringan ke 2G membuat radio tidak berusaha mencari sinyal terbaik sehingga BB Anda akan lebih awet penggunaan dari daya baterainya.

Mengubah pengaturan jaringan Anda untuk 2G: Klik pada daerah pengaturan jaringan pada atas layar rumah Anda (sama seperti langkah ke WiFi dan Bluetooth). Pilih Jaringan dan Sambungan> Jaringan Mobile atau dalam bahasa Inggris, Network and Connection > Mobile Network. Pilih 2G.
Anda bisa menggunakan 3G lagi jika Anda ingin menggunakan untuk telepon atau browsing yang lebih cepat tetapi jika tidak digunakan jangan lupa set ke 2G.
6. Gunakan fitur Auto On/Off atau Mode Bedside

Ini adalah fitur sederhana yang tidak terlalu dikenal pada BlackBerry Smartphone. Auto on/off adalah kemampuan untuk secara otomatis menghidupkan dan mematikan perangkat pada waktu tertentu. Fitur ini berguna jika Anda tahu pasti jadwal kapan Anda tidak menggunakan BB Anda, misalnya waktu ketika Anda tidur atau olahraga.
Untuk menggunakan Auto On / Off :
Pilih Pilihan> Perangkat> Auto On /Off , atau dalam bahasa Inggris, Options > Device > auto On/Off. Centangkan “aktifkan” untuk Hari Kerja, Weekend atau keduanya, atau dalam Inggris, centang enabled. Pilih waktu menghidupkan dan mematikan perangkat (mis. 10:00-07:00)
7.  Selalu kunci perangkat Anda atau gunakan BlackBerry Holster Case

Mengunci BB Anda bisa membantu menghemat baterai karena, ketika Anda menyimpannya di saku Anda sambil berjalan, terkadang BB Anda akan tertekan tombolnya sehingga layar menyala tanpa diketahui Anda. Untuk mencegah hal ini Anda bisa menggunakan tombol kunci pada perangkat Anda. Penggunaan salah satu dari sarung BlackBerry yang berisi magnet juga direkomendaskan. Sarung ini secara otomatis memberi perintah ke perangkat Anda untuk tidur ketika Anda memasukkan BB Anda ke dalam sarungnya.
8. Matikan Apps yang tidak digunakan

Menutup aplikasi yang tidak digunakan dapat  membantu hidup baterai. Aplikasi yang terus-menerus menarik lokasi GPS Anda  benar-benar membuang ketahanan baterai Anda. Untuk menutup aplikasi ini, Anda dapat menggunakan built-in App Switcher untuk melihat aplikasi apa yang sedang berjalan pada perangkat Anda. Anda kemudian bisa memilih untuk mematikan aplikasi yang tidak digunakan.

Untuk menutup aplikasi yang tidak digunakan: Tekan dan tahan tombol Menu untuk membuka aplikasi switcher
Sorot dan pilih aplikasi yang ingin Anda tutup. Ketika di dalam aplikasi, tekan kembali tombol Menu kemudian keluar (shutdown,logout) app.
9. Ubah Pengaturan App Refresh

Aplikasi seperti Twitter, Facebook dan lainnya adalah aplikasi yang terus me-refresh berita pada masa-masa per lima menit. Anda dapat mengubah waktu refresh ke waktu yang lebih lama, mis: Twitter dapat diatur untuk refresh dari waktu lima menit sampai satu jam. Memiliki refresh app setiap lima menit bukanlah ide terbaik jika Anda ingin menghemat daya baterai, ubahlah menjadi 1 jam atau bahkan mematikannya. Hal yang sama juga terjadi untuk Facebook, SocialFeed dan aplikasi lain yang selalu refresh untuk jangka waktu tertentu.
10. Charge perangkat Anda atau beli baterai cadangan

Last but not least, siapkan charger ketika Anda perlu melakukan perjalanan jauh. Cara ini adalah cara termudah untuk bisa menggunakan BB sepanjang hari. Anda bisa mencharge BB Anda di mobil, kantor, atau di kafe ketika Anda sedang melakukan pertemuan. Namun, ketika Anda lebih sering untuk pergi selama seharian dan susah menemukan tempat untuk mencharge BB Anda nantinya, tidak ada salahnya kalau anda membeli baterai cadangan.
Semoga tips ini bermanfaat bagi Anda para pengguna BlackBerry.

sumber

WISDOM

“Jikalau anda harus bekerja, maka bekerjalah untuk belajar. Jangan bekerja untuk uang.”

- Robert Toru Kiyosaki