Pin It

5 Makanan Yang Ampuh Pulihkan Energy

Rutinitas yang padat dan melelahkan memang sangat menghabiskan energi, akibatnya tubuh kita jadi kurang fit serta sering sakit. Untuk mengatasi masalah tersebut Langit Berita merekomendasikan 5 makanan yang mampu memulihkan energi, berikut seperti dikutip dari Times of India:
1. Kiwi
Kiwi memiliki banyak nutrisi seperti vitamin C, kalium, dan phytonutrient (fitonutrien). Kiwi juga memiliki lebih banyak serat jika dibandingkan dengan apel dan pisang.
Fitonutrien dalam buah ini sangat baik untuk penyakit jantung, kanker, atau gangguan pernapasan. Fitonutrien secara alami dapat mengencerkan darah, sehingga akan sangat membantu dalam menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan tekanan darah dalam tubuh.
Untuk mendapatkan hasil terbaik, sebaiknya Anda langsung memakan kiwi yang baru dipotong, karena dalam kiwi mengandung enzim yang mudah hilang saat terkena udara.
2. Kacang
Makanan kaya akan serat ini juga banyak mengandung vitamin, mineral, dan nutrisi. Dengan tingkat indeks glikemik rendah, memakan kacang akan membantu dalam mengatur kadar gula darah dan produksi insulin.
Kalium, magnesium B1, vitamin dan B2, serta vitamin K, kacang juga diperkaya dengan antioksidan tinggi. Mereka juga merupakan sumber asam lemak omega-3. Untuk mendapatkan manfaat kesehatan kacang, kosumsilah dua porsi kacang yang disajikan dengan tidak digoreng setiap pekan.
3. Ceri
Buah ceri mengandung antioksidan dan vitamin. Walaupun memiliki kadar gula alami yang agak tinggi, tapi buah ini sangat rendah karbohidrat dan merupakan sumber serat penting.
4. Bayam
Bayam merupakan sumber makanan yang kaya serat, vitamin A dan C serta kaya asam folat. Dengan mengonsumsi bayam, kita akan terhindar dari gangguan buang air besar seperti sembelit.

Bayam juga sangat baik untuk menjaga kesehatan mata dan saluran pencernaan. Selain itu, untuk melindungi diri dari penyakit jantung, kanker prostat dan payudara, bayam dapat dijadikan menu andalan karena sifatnya yang anti inflamasi.
Tidak hanya itu, dalam bayam juga terdapat vitamin K yang membantu dalam membangun tulang yang kuat. Anda harus mengonsumsi 400 gram bayam sekali setiap beberapa minggu.
5. Wortel
Wortel kaya antioksidan dan mengandung vitamin A sangat baik. Wortel terkenal untuk memperbaiki penglihatan dan membantu dalam memertahankan tekanan darah normal juga.
Tak hanya itu, wortel kaya karotenoid yang dikenal untuk mengurangi risiko penyakit mata dan kanker payudara pasca menopause. Makanlah satu wortel per hari karena membantu dalam merangsang sistem kekebalan tubuh dengan menjaga kesehatan usus besar, serta mendukung kesehatan telinga dan mata. Wortel baik untuk dikonsumsi dalam keadaan mentah atau setengah matang.

WISDOM

“Jikalau anda harus bekerja, maka bekerjalah untuk belajar. Jangan bekerja untuk uang.”

- Robert Toru Kiyosaki