Pin It

5 Minuman Sehat Yang Mampu Turunkan Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi sangatlah berbahaya. Hal ini bisa menjadi pemicu penyakit serius seperti jantung, stroke, dan gagal ginjal. Alangkah baiknya anda menjaga pola makan Anda untuk tetap menjaga tekanan darah Anda. Bila tekanan darah anda sedang tinggi, Anda bisa mencoba turunkan dengan beberap minuman sehat. Sebuah penelitian menunjukkan beberapa minuman sehat dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Diantaranya seperti berikut ini :
1. Teh Hitam
Di dalam tanaman teh mengandung flavanoid, yaitu senyawa yang bagus sekali untuk kesehatan jantung dan dapat menurunkan tekanan darah tinggi.
2. Jus Jeruk
Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Medical School di London membuktikan bahwa efek dari sitrat kalium yang ditemukan dalam pisang dan buah jeruk efektif dalam menurunkan tekanan darah bagi penderita hipertensi tahap 1.
3. Jus Bayam
Penelitian dari Policlinico di Modena, Italia, mengungkap pengaruh folat pada tekanan darah wanita menopause. Peserta menerima 15 mg folat selama tiga minggu dan mengalami penurunan yang signifikan pada tekanan darah mereka. Folat dapat ditemukan pada bayam dan brokoli.
4. Susu rendah lemak
Susu rendah lemak yang kaya akan vitamin D, kalium, dan kalsium merupakan minuman yang baik untuk menurunkan tekanan darah.
5. Jus buah bit
Penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan dari Barts and London Medical School dan Queen Mary University of London menunjukkan minum jus bit dapat menurunkan tekanan darah. Ini karena buah bit mengandung nitrat yang bisa membantu menurunkan tekanan darah.

WISDOM

“Jikalau anda harus bekerja, maka bekerjalah untuk belajar. Jangan bekerja untuk uang.”

- Robert Toru Kiyosaki