Pin It

Terlalu Sering BBMan Bahayakan Leher



Kebiasaan sering pesan teks melalui BBM (Black Berry Messenger) atau SMS (Short Message Service) tak hanya berakibat buruk pada tagihan telephon Anda. Namun juga bisa berakibat buruk bagi kesehatan terutama pada area leher.

Seperti yang dikutip dari Times of India, sebuah penyakit baru masuk ke dalam daftar penyakit akibat dunia maya yang disebut, 'Text Neck' atau nyeri pada leher. Penyakit ini banyak diderita oleh para pecandu gadget karena membungkuk terlalu lama saat sedang BBM atau SMS.

Dr Kishore Punjabi, terapis chiropractic, mengatakan, "Rasa sakit yang timbul diakibatkan posisi leher yang intens saat mengirim pesan teks. Kondisi ini sama ketika seseorang duduk dengan menyilangkan satu kakinya selama lima menit lalu kemudian bergerak dengan tiba-tiba. Inilah yang terjadi saat leher Anda membungkuk karena gadget."

"Perubahan itu mendukung pula perubahan pada ligamen, tendon, otot serta tulang yang akhirnya dapat mengakibatkan kejang otot maupun sakit pada saraf," tambah Hayden Thomas dari asosiasi kesehatan Chiropractor.

Walau telah mengetahui dampak buruk di balik 'Text Neck', namun menghindari penggunaan teknologi merupakan hal yang sulit dilakukan di era maju seperti ini. Oleh karena itu, Anda juga harus mengetahui solusinya agar gadget tak lagi menganggu kesehatan.

Misalnya dengan cara sering merubah posisi tubuh, terutama leher saat mengirim maupun menerima pesan singkat ataupun pada perangkat genggam lainnya. Biasakan untuk membaca pesan di ponsel Anda dengan pandangan lurus ke depan dan meregangkan otot-otot leher secara teratur.

WISDOM

“Jikalau anda harus bekerja, maka bekerjalah untuk belajar. Jangan bekerja untuk uang.”

- Robert Toru Kiyosaki