Pin It

12 Cara Mengatasi Rasa Cemas

Tertawa bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi rasa cemas (©telegraf.rs)
Ada banyak hal yang menyebabkan seseorang menjadi cemas dan tidak tenang. Rasa cemas tersebut pun biasanya cukup menganggu aktifitas yang sedang dikerjakan. Simak cara-cara untuk mengatasi cemas yang Anda alami seperti yang dilansir dari Shine (28/03) berikut ini.
 
Memikirkan hal konyol
Saat merasa cemas, coba pikirkan kembali hal-hal konyol yang pernah Anda lihat atau alami selama ini. Perhatian Anda akan teralih dan rasa cemas pun hilang.
 
Melebih-lebihkan rasa cemas
Mungkin hal ini terdengar tidak masuk akal, namun jika Anda melebih-lebihkan rasa cemas yang Anda alami dan menceritakannya dengan penuh emosi kepada seseorang, lama-kelamaan cerita tersebut justru akan menjadi lucu dan sama sekali bukan hal penting yang patut dicemaskan.
 
Mengalihkan pikiran
Anda cukup mengalihkan perhatian atau pikiran Anda terhadap hal-hal yang menyenangkan dan menjauhkan Anda dari rasa cemas berkepanjangan.
 
Menulis surat
Jika Anda gembira, tulislah sebuah surat pada diri sendiri yang menceritakan kesenangan Anda. Begitu pula ketika Anda cemas, lakukan hal yang sama kemudian bacalah surat kesenangan Anda yang pernah Anda buat. Secara ajaib, hal itu akan membuat Anda merasa lebih baik.
 
Berkeringat
Segala sesuatu yang berhubungan dengan aktifitas fisik dan menjaga Anda untuk tetap berkeringat juga ampuh mengatasi perasaan cemas yang Anda alami.
 
Menonton film
Cobalah untuk menonton film yang cukup berat dan butuh pemikiran ekstra ketika melihatnya. Hal ini akan membantu Anda mengalihkan rasa cemas menjadi perasaan tertantang.
 
Makan
Beberapa jenis makanan juga bisa membantu Anda menghilangkan rasa cemas, seperti kacang-kacangan, susu dan yogurt, sayuran, dan buah berry.
 
Bernapas dalam-dalam
Ambil napas dalam-dalam ketika merasa cemas beberapa kali sampai Anda merasa cukup tenang.
 
Mencari penenang
Beberapa orang menjadikan benda-benda di sekitarnya sebagai penenang ketika mereka merasa cemas. Anda pun bisa melakukan hal ini, misalnya memberi sugesti pada diri bahwa ketika melihat awan maka Anda akan merasa tenang.
 
Mengulangi mantra
Ulangi perkataan 'aku baik-baik' saja beberapa kali untuk meyakinkan diri bahwa Anda memang sedang baik-baik saja dan tidak cemas sama sekali.
 
Tertawa
Cara ini adalah paling sederhana namun tidak mudah dilakukan ketika sedang cemas. Namun cobalah untuk menemukan hal yang lucu dan menertawakannya.
 
Mengabaikan waktu
Cemas biasanya disebabkan oleh kegiatan yang akan Anda lakukan di masa mendatang. Oleh sebab itu abaikan waktu tersebut dan jalani apa yang ada sekarang. Waktu tersebut akan segera berlalu dan Anda pasti bisa menjalaninya dengan baik tanpa rasa cemas.
 
Lakukan seluruh hal di atas jika Anda merasa cemas, sehingga kegiatan yang Anda lakukan pun tidak akan terganggu dengan perasaan tersebut

sumber

WISDOM

“Jikalau anda harus bekerja, maka bekerjalah untuk belajar. Jangan bekerja untuk uang.”

- Robert Toru Kiyosaki