Pin It

Iklan Facebook Lebih Efektif

ketagihan facebook
Facebook, siapa sich yang tidak kenal? Hampir setiap hari orang-orang membuka dan mengakses layanan dari facebook ini. Perusahaan komunikasi seperti telkomsel, indosat,xl axiata, atau axis pun melakukan promo besar - besaran terhadap tarif untuk ber-facebook-an ria. Pengguna facebook di Indonesia pun makin membengkak jumlahnya dari hari ke hari.

Dampak Terhadap Marketing

Banyaknya pengguna facebook di Indonesia yang tidak terbatas terhadap anak muda saja membuat banyak perusahaan melakukan branding melalui facebook. Mereka seringkali membuat iklan mengenai quiz, hadiah - hadiah, dan lain sebagainya. Hasilnya?? Sangat efektif sekali untuk media branding dalam waktu yang relatif singkat!
Maka tidaklah heran apabila banyak buku ataupun seminar - seminar mengenai kekuatan branding dari social media.

Mengapa Iklan di Facebook Lebih Efektif?

Alasannya sederhana, simple, dan klasik. menurut saya karena jumlah pengguna yang sssaaaannngggaaattt banyak, iklan yang menarik, di iklan tersebut terdapat gambar dan teksnya. Gambar akan merangsang mata untuk melirik ke arah dimana iklan dipasang, sedangkan teks iklan untuk merangsang pengguna mengklik iklan tersebut. Well it is so simple but effective!

Indonesia Mulai Beralih Ke Tren Digital Advertising

Berkat banyaknya pengguna facebook serta tarif internet yang terjangkau (jangan lupa juga menjamurnya warnet-warnet), sekarang tampaknya Indonesia mulai beralih ke tren digital, padahal sebelumnya Indonesia hanya menggunakan televisi sebagai media branding suatu produk. Namun sayangnya, perusahaan - perusahaan hanya tertarik melakukan iklan hanya menggunakan media facebook. Mereka belum dapat melihat potensi dari Blogger yang menjamur di mana - mana!

Kapan Blogger Akan Bangkit?

Menurut saya Blogger Indonesia akan bangkit dan semakin marak apabila perusahaan dalam negeri juga mendukung pertumbuhan blogger Indonesia dengan melakukan branding produk mereka melalui media blogger atau website Indonesia. Sepertinya untuk mendapatkan kepercayaan tersebut dari perusahaan dalam negeri dibutuhkan perusahaan besar yang sudah terkenal dalam bidang advertising untuk membuka kantor di Indonesia.
Saat itulah blogger akan bangkit dan membengkak jumlahnya. Namun, sepertinya kita masih harus menunggu cukup lama untuk sampai pada momen tersebut. Google memang akan buka di Indonesia tapi entah kapan dech. Waktu saya mendaftarkan blog ini yang berbahasa Indonesia memang diterima tetapi adsense for content belum mendukung Bahasa Indonesia. Untuk perusahaan lokal juga masih sepi peminat advertisingnya namun bayarannya sudah melonjak semakin tinggi. Itu bergantung dari traffic atau pun pagerank.
Well, mari kita tunggu kebangkitan blogger dan era digital Indonesia >_<

WISDOM

“Jikalau anda harus bekerja, maka bekerjalah untuk belajar. Jangan bekerja untuk uang.”

- Robert Toru Kiyosaki