Pin It

Google Panda

Penempatan Iklan di Websites

Sebuah website ataupun blog pada umumya menjadikan iklan sebagai salah satu sumber penghasilan di blognya. Seperti diketahui, banner space iklan dapat dijual dan harganya ditentukan berdasarkan dengan seberapa besarnya space yang ingin dibeli oleh pemasang iklan. Selain itu space iklan juga dapat diisi melalui program advertising seperti Google Adsense, Admaxserver, Sitti, ataupun yang lainnya.

Google Panda Menghukum Website Yang Memiliki banyak Iklan

Memasang banyak iklan memang akan memungkinkan pemilik blog ataupun website untuk memperbesar clicktrough rate (kemungkinan iklan di kllik), namun ada kalanya pemilik blog ataupun websites tersebut tidak memikirkan penempatannya sehingga ia memperbanyak pemasangan iklan di segala tempat lalu websites atau blog tersebut terlihat hanya berisi iklan tanpa konten! Sebuah pemikiran yang buruk karena menurut saya konten adalah raja walaupun memang penghasilan dari iklan tidaklah sedikit >_<
Berdasarkan artikel yang saya baca di http://searchenginewatch.com/article/2124188/Google-May-Penalize-Your-Site-for-Having-Too-Many-Ads ,bersiap - siaplah akan kemungkinan terburuk, bahwa Google dengan aalgoritmanya yang baru (dikenal sebagai Google Panda) dapat melakukan hukuman pinalti terhadap website ataupun blog yang memiliki terlalu banyak iklan!
Terlalu banyak iklan disini seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa Iklan menutupi konten website sehingga website tersebut seperti hanya berisi iklan saja.

Siasati Penempatan Iklan

 

Penempatan iklan yang wajar menurut Google adalah 3 Space iklan, namun menurut saya sepertinya 4 pun masih dalam kondisi wajar. Yang jelas dan perlu diingat bahwa konten jangan sampai tertutupi oleh iklan. Taruhlah di header atas 1, di dalam konten 1, di bawah konten 1, dan di sidebar 1. Dengan penempatan yang baik maka iklan bukan menghancurkan tampilan website melainkan mempercantik tampilan website tersebut. Apalagi dengan adanya iklan - iklan yang berkualitas.

Lalu iklan jangan seluruhnya berupa teks karena tampilan website akan terkesan GARING, lebih baik sisipi 2 iklan berbentuk gambar. Namun, itu hanya opini saya saja terserah dengan pendapat masing - masing.

v

Buat Konten Berkualitas

 

Konten berkualitas tentulah sebuah konten yang menarik untuk dibaca dan biasanya panjang isinya. Jika kalian membuat konten yang panjang dan berkualitas maka iklan tidak akan mampu menutupi konten. Dengan begitu maka konten dan iklan dapat berkolaborasi menjadi satu tampilan desain yang menarik. 

Kesimpulan 

 

Kesimpulan yang saya tarik di sini bahwa iklan memang penting untuk pemasukan bagi pemilik website namun penempatannya perlu diperhatikan. Buatlah konten menarik dan berkualitas agar orang melihat tampilan website tidak hanya terisi oleh iklan di sana - sini. Tak perlu takut akan algoritma baru yang diperkenalkan, selama kalian bermain bersih algoritma baru merupakan berkah dan bukanlah musibah. Semenjak Google Panda di aplikasikan untuk Google Indonesia, traffic saya malah naik padahal waktu itu website saya tidak saya update selama 2,5 bulan (kalau tidak salah) 
So? don't worry be Happy!

WISDOM

“Jikalau anda harus bekerja, maka bekerjalah untuk belajar. Jangan bekerja untuk uang.”

- Robert Toru Kiyosaki