Pin It

Steak Qurban




Resep Makanan: Steak Daging Sapi
- Hari Raya Kurban atau biasa yang disebut Hari Raya Idul Adha 2010 telah dilaksanakan, selain banyak orang yang mengirimkan SMS Ucapan Idul Adha 2010 atau kartu Ucapan Idul Adha 2010 juga banyak yang bersiap untuk minikmati daging hewan kurban yang dibagikan panitia kurban. Jika anda masih bingung menu yang tepat hari ini, bisa dicoba resep makanan: Steak daging sapi berikut ini sebagai alternatif menu di hari raya kurban. Resep Steak daging sapi berikut ini gak susah kok bikinnya, asal perhatikan Tips Steak Daging Sapi berikut ini: Baca juga: Resep Masakan Indonesia

1. Steak tidak direbus, kecuali bestik jawa.
2. Untuk menambah rasa, terutama orang kita yang suka spicy, daging boleh direndam (di-marinade) bumbu2 seperti merica, bawang, minyak zaitun dan daun rosemary. Tapi sebaiknya tidak diberi garam karena akan membuat daging menjadi keras.
3. Daging yang di-marinade harus disimpan di tempat dingin dan tidak boleh terlalu lama; kalau kelamaan, sari daging akan mengalir keluar sehingga cita rasa sapi akan lenyap.
4. Dalam hal memasak daging sapi, timing adalah segalanya menurut saya; kalau terlalu cepet daging masih mentah, kalau kelamaan daging jadi hambar dan berserat. Kematangan yang ideal, menurut saya, bagian dalam daging ada cairan kemerahan sedikit. Ini bukan daging yang belum matang tapi sari rasa daging.
5. Menguji kematangan daging cukup dari keras tidaknya daging. Ini butuh pengalaman memasak yang saya sendiri belum terampil. Yang jelas jangan menyayat daging untuk mengecek kematangan karena akan membuat lubang dan membuat sari rasa daging mengalir keluar.
6. Memasak steak dengan digoreng lebih mudah daripada dibakar. Dengan digoreng, suhu dan panas bisa lebih merata. Dibakar jelas lebih enak karena daging sedikit terbakar sehingga menambah cita rasa, tetapi mengontrol suhu arang itu susah.
7. Mengunci sari rasa daging itu penting. Daging yang digoreng dengan mentega atau dibakar, kedua sisinya harus segera dimatangkan supaya sari-rasanya tidak bisa keluar.

Nah Untuk Resep Makanan Steak Daging Sapi adalah sebagai berikut:
bahan bahan
daging sapi khusu buat steak ( 250 gr. kira kira 3 cm tebalnya )
3 buah kentang ukuran kecil
150 ml. kaldu sapi
tepung
butter
bubuk pala
bubuk cengkeh
1 buah bawang bombay
garam merica
minyak goreng atau minyak zaitun

cara memasak :
potong bawang bombay melingkar, lalu tumis hingga warna keemasan lalu sisihkan, lumuri daging dengan minyak goreng, salah satu sisi taburi dengan garam salah satu sisi dengan merica lalu bakar salah satu sisinya 7 menit dan salah satunya 5 menit, setelah warna daging berubah angakt dan taruh diatas piring lalu atas daging beri tumisan bawang bombay tadi . sementara itu kukus kentang hingga matang, lalu kupas dan taburi dengan garam diatasnya, taruh disamping steak yang telah disajikan diatas piring.

untuk saus:
panaskan butter hingga meleleh lalumasukkan kaldu daging sapi, aduk rata tambahkan sedikit bubuk pala dan sedikit bubuk cengkeh, sedikit garam dan merica aduk rata tambahkan sedikit tepung untuk mengentalkan saus

WISDOM

“Jikalau anda harus bekerja, maka bekerjalah untuk belajar. Jangan bekerja untuk uang.”

- Robert Toru Kiyosaki